> Pipì = Pipis (Buang Air Kecil)


Secara umum terjadinya penyerapan kata adalah karena bunyi atau pelafalan pada kata tersebut. Sebagaimana materi yang sudah kita bahas sebelumnya, di sini kita juga akan membahas suatu kata yang penyerapannya berdasarkan pelafalan / pengucapan.

Kata ini seharusnya sudah terbahas sebelumnya karena ada pola yang sama dalam penggunaannya dalam kalimat. Pembahasan yang mengupas tentang bentuk kata kerja ini ada pada postingan bulan November, yaitu ketika membahas kata kerja yang menggunakan penggabungan antara Fare dan kata benda atau kata sifat.

Di sini kita akan membahas dari segi pengucapan yang akhirnya diserap ke dalam bahasa Indonesia dengan penyerapan yang hampir sempurna, karena hanya dilakukan dengan menambahkan huruf S di belakang kata tersebut.

Untuk mengatakan buang air kecil orang Italia mengatakan pipì. Dalam bentuk kata kerja menjadi Fare la pipì.

Pipì → pipis (buang air kecil)

Fare la pipì → fare : membuat + la pipì : pipis
Arti sebenarnya adalah membuat pipis / kencing (buang air kecil).

Bahasa Indonesia menyerap kata tersebut dengan penambahan disebabkan untuk menghindari adanya kesalahpahaman karena bahasa Indonesia sudah mempunyai kata pipi untuk menyebut organ tubuh di kepala yang ada di bagian muka sebelah kanan dan kiri.

Penambahan huruf S di belakang kata tersebut diambil dari suara yang dihasilkan ketika melakukan aktifitas buang air kecil.

Pada dasarnya ketika anda mencermati berbagai macam bentuk kata maka akan dapat ditemukan perbandingannya dengan bahasa lain. Ada semacam kemiripan dalam bentuk ataupun juga dalam pengucapannya.

Dengan memahami pola-pola seperti ini akan dapat mengarahkan paradigma berpikir kita tentang bahasa, bahwasanya bahasa pada dasarnya satu karena berasal dari sumber yang sama.

Hal ini akan memudahkan kita untuk belajar bahasa Italia khususnya dan akan semakin menarik minat orang untuk belajar bahasa karena akan ditemukan berbagai macam keunikan dan keistimewaan.

Baca Juga :

FB Fans Page, Klik Suka yah !