> Non Mollare !



Non mollare !
Jangan menyerah ! (semangat !)

Orang Italia mengungkapkan ucapan semangat dengan sebutan ‘Non mollare’. Arti sebenarnya adalah : jangan kendur/lembek. Mereka mengatakan demikian karena memang secara umum yang namanya semangat pasti sangat kontradiksi dengan kelunakan/kelembekan. Semangat identik dengan keras (suara), keadaan tubuh yang tegap, kuat dan bergeming.


Pidato yang penuh semangat diungkapkan dengan suara keras dan tegas serta mampu membawa audiens menjadi tergerak untuk mengikuti apa yang disampaikan dalam orasi tersebut.
Para suami kalau sedang semangat sama istrinya maka ada bagian tubuhnya yang tadinya lunak menjadi keras, hehehe ...

Mollare = lembek, lunak.

Berikut ini ada beberapa kata yang punya derivasi sama :
Di Indonesia dikenal ada kue Molen yaitu kue yang berisi pisang lunak. Dalam istilah ilmu Biologi ada Mollusca yaitu hewan yang bertubuh lunak (bangsa siput). Selain itu juga dalam bahasa Jawa/Indonesia dikenal ada kata Melar yang artinya menjadi lunak, dari keadaan keras menjadi lembek. Misalnya karet yang keras kemudian berubah menjadi lembek karena dipanaskan disebut Melar.

Seringkali walaupun diambil dari berbagai bahasa tetapi pada dasarnya sumbernya satu. Dalam pengungkapan beberapa hal, menggunakan pola pikir yang sama. Ini adalah salah satu kemudahan dalam belajar bahasa.

Baca Juga :

FB Fans Page, Klik Suka yah !