> Bancarotta = Bangkrut


Dalam dunia bisnis ada suatu keadaan pasang surut. Biasanya hal itu disebut dengan istilah untung rugi. Ketika hasil yang didapatkan melebihi dari besarnya modal yang dikeluarkan maka kita menyebutnya untung, jika hasilnya lebih kecil maka dikatakan rugi.

Dunia bisnis atau dunia usaha adalah suatu komunitas yang bersifat universal. Ini disebabkan dalam dunia bisnis melibatkan berbagai macam orang yang berasal dari tempat-tempat yang berbeda. Tidak hanya dalam lingkup negara tapi juga sifatnya mendunia. Orang di belahan bumi tertentu bisa melakukan komunikasi bisnis dengan orang di belahan bumi yang lain.

Keadaan ini menyebabkan adanya kesamaan dalam penggunaan istilah di dunia bisnis. Di sini kita akan membahas hal tersebut.

Dunia bisnis erat kaitannya dengan dunia perbankan karena di jaman yang sudah moderen ini setiap pembayaran dilakukan melalui transfer ke rekening. Dalam penggunaan istilah sering kali berkaitan.

Ketika suatu usaha mengalami kemajuan dan perkembangan yang baik serta mencapai hasil yang besar maka kita katakan usaha tersebut sukses sedangkan ketika suatu usaha mengalami kemunduran atau kejatuhan maka kita katakan bangkrut.

Usut punya usut ternyata kata bangkrut adalah istilah yang diambil dari bahasa Italia yaitu bancarotta.

Bangkrut = bancarotta → banca + rotta
banca : bank
rotta : jatuh, rusak, patah

Jadi istilah bancarotta digunakan untuk menyatakan suatu usaha perniagaan yang mengalami kejatuhan atau kemunduran.

Kata tersebut diserap ke dalam bahasa Indonesia berdasarkan pada pengucapan. Coba ucapkan kata tersebut maka anda akan merasakan kemiripannya. Jadi di sini penyerapan kata yang terjadi disebabkan pada pemahaman maksud dari kata tersebut dan diserap berdasarkan pengucapan katanya.

Baca Juga :

FB Fans Page, Klik Suka yah !