> Venezia


Satu lagi tempat wisata yang sangat terkenal di Italia adalah Venezia. Merupakan ibu kota Veneto dan Provinsi Venezia di Italia. Kota ini memiliki luas wilayah 412 km² dan populasi 271.663 jiwa (data tahun 2003). Biasa disebut juga dengan Kota Kanal, karena di sini banyak terdapat kanal yang menghubungkan satu tempat dengan tempat yang lain. Transportasi utama di kota ini didominasi oleh transportasi air. Alat transportasi yang terkenal disebut dengan gondola. Sebuah perahu tradisional yang berukuran kecil yang dapat memuat beberapa orang.

Gondola adalah sebuah perahu dayung tradisional asal Venezia, Italia. Gondola merupakan sarana transportasi utama di Venezia selama berabad-abad dan masih memegang peranan penting dalam sistem transportasi publik di sana sampai saat ini. Gondola digerakkan oleh seorang pendayung yang disebut gondolier. Berdasarkan hukum Venezia, seorang gondolier harus lahir di Venezia untuk melakukan pekerjaan ini. Berdasarkan hukum itu pula, sebuah gondola harus dicat hitam. Gondola terbuat dari 280 potong kayu yang terdiri atas 8 jenis kayu, yaitu fir, oak, cherry, walnut, elm, mahogany, larch dan limedan. Sisi kiri gondola dibuat lebih panjang dibanding sisi kanan untuk menyeimbangkan berat gondolier.

Tradisi Venezia menyatakan bahwa pasangan harus berciuman di bawah setiap jembatan sebagai lambang cinta abadi. Diperkirakan ada ribuan gondola pada abad ke-18, tetapi sekarang hanya tersisa beberapa ratus saja dan kebanyakan digunakan untuk tujuan wisata.

Republik Venezia berdiri di kota ini dari abad ke-9 hingga ke-18. Sestieri merupakan pembagian tradisional utama Venezia. Kota ini terbagi menjadi enam distrik, yaitu: Cannaregio, San Polo, Dorsoduro (termasuk Giudecca), Santa Croce, San Marco dan Castello (termasuk San Pietro di Castello dan Sant’Elena).

Meskipun di dominasi oleh air, Venezia juga memiliki dataran yang lapang, biasa disebut Piazza San Marco dan Campi San Polo. Terdapat juga bangunan yang megah dengan arsitektur klasik yang sangat mempesona. Ketika bertualang ke sana, seakan-akan kita telah kembali ke masa lalu.

Bangunan tersebut diantaranya Palazzo Duccale, Palazzo Grassi, Ca’ d’Oro, Ca’ Rezzonico, Museum Peggy Guggenheim Collection, Palazzo Labia. Bangunan lainnya di kawasan tersebut ada Accademia, Arsenale di Venezia, Gedung opera La Fenice, Teatro Malibran. Selain bangunan, banyak juga kanal yang seringkali dipenuhi oleh wisatawan diantaranya Jembatan Rialto, Ponte dei Sospiri, Ponte dell'Accademia, Ponte degli Scalzi.

Venezia di kelilingi oleh daerah lain yang juga merupakan tujuan wisata, diantaranya Laguna Venezia dan juga beberapa pulau kecil seperti pulau Burano, Lido, Murano, Isola di San Michele, Sant’Erasmo, San Lazzaro degli Armeni, Torcello, Vignole, Giudecca.

Baca Juga :

FB Fans Page, Klik Suka yah !