> Cinque Terre



Bagi Anda yang senang bertualang dan berwisata, berikut ini ada informasi yang sangat berguna untuk Anda. Selain terkenal dengan sepakbolanya, Italia juga terkenal di dunia pariwisata. Banyak tempat-tempat yang indah dan menarik yang bisa Anda kunjungi di Italia. Salah satu kawasan pariwisata yang sangat terkenal adalah Cinque Terre, cinque (lima), terre (tanah, daerah, kawasan) merupakan sebutan untuk lima buah kota yang berada di sepanjang Italian Riviera. Kawasan ini berada di daerah Italia bagian utara antara Pisa dan Genoa.

Kita bisa melihat matahari bersinar, laut, pasir pantai yang indah dan bangunan-bangunan yang menawan. Banyak wisatawan yang sengaja datang ke sini hanya untuk berenang dan juga mendaki karena kawasan ini juga berupa perbukitan yang terjal. Bagi yang ingin bermalas-malasan, tempat ini juga sangat mendukung, dengan sinar matahari yang hangat akan memanjakan diri Anda untuk berjemur dan menikmati semilir angin. Tempat bersantai untuk sejenak melepaskan diri dari rutinitas pekerjaan yang melelahkan.


Pariwisata semakin meningkat ketika tempat ini ditemukan dan dikelola dengan baik. Desa-desa yang tadinya miskin dan terpencil menjadi berkembang dengan dibangunnya infrastruktur transportasi kereta yang setiap jamnya bisa kita temukan. Jalur lalu lintas yang semakin mudah membuat lima kawasan yang mempunyai dialek dan budaya yang berbeda ini bisa menjadi satu dan menjadikan warna tersendiri di dunia pariwisata. Pengunjung mengeluarkan $ 7,50 untuk bisa mendaki dan berpetualang bersama dengan masyarakat setempat.

Untuk melestarikan keajaiban alam dan budaya Cinque Terre itu, Italia telah menyatakan kawasan ini sebagai kawasan cagar budaya yang dilindungi oleh hukum. Dan UNESCO juga mengakui kawasan ini sebagai salah satu dari Situs warisan dunia.

Riomaggiore
Kawasan ini berada paling selatan dan merupakan tempat pertama yang bisa Anda capai jika Anda datang dari Provinsi La Spezia. Anda sudah bisa melihat rumah-rumah yang dibangun di sepanjang tebing yang curam. Via Colombo adalah jalan utama yang bisa dilalui, di sepanjang jalan itu bisa dijumpai restauran, bar dan toko-toko. Via dell’Amore menjadi penghubung antara Riomaggiore dan Manarola yang masih merupakan bagian dari Cinque Terre.

Manarola
Merupakan kota terkecil kedua yang menjadi bagian dari Cinque Terre. Rumah-rumah yang berwarna-warni dan desa-desa kecil terhampar di sepanjang tebing Liguria. Barangkali Manarola adalah merupakan kota tertua di kawasan ini, ditandai dengan adanya bangunan gereja San Lorenzo yang terbuat dari batu, yang terdapat angka tahun 1338. Dialek daerah ini agak berbeda dengan daerah di sekitarnya. Kata Manarola kemungkinan merupakan perubahan dari dialek Latin yang berasal dari kata Magna rota. Dalam dialek setempat menjadi Magna roea yang berarti roda besar. Ini mengacu pada roda pabrik di kota. Industri utama di sini adalah pemancingan dan anggur. Anggur lokal yang terkenal adalah sciacchetra. Banyak tulisan orang Romawi yang memuji kualitas anggur tersebut.

Corniglia
Merupakan satu-satunya dari kawasan Cinque Terre yang tidak berada di atas air. Tidak berbatasan dengan laut. Berada di sebuah tanjung yang menjulang tinggi kurang lebih 100 meter. Pada ketiga sisinya dikelilingi kebun-kebun anggur dan pada sisi yang lain merupakan tebing yang curam. Untuk mencapai Corniglia bisa dengan mendaki, lewat jalur penerbangan dan juga lewat jalur darat dengan bus kecil. Desa ini membentang sepanjang jalan utama Fieschi Road. Rumah-rumah di sana salah satu sisinya menghadap ke jalan dan yang lain menghadap ke laut. Bangunannya rendah seperti rumah di pedalaman. Jalan-jalan di sini cukup sempit jika dibandingkan kawasan yang lain. Dari stasiun kereta api, jalan setapak zigzag naik hampir 400 tangga ke puncak bukit kota. Menurut legenda, seorang petani Romawi awalnya menetap di Corniglia. Nama itu diambil dari nama ibunya, Cornelia. Dalam bahasa Italia, Cornelia diucapkan Corniglia. Warga mengklaim anak Cornelia inilah yang mampu menghasilkan anggur yang begitu terkenal.

Monterosso
Merupakan satu-satunya kota resor di Cinque Terre. Banyak hotel dan penginapan yang bisa disewa di sini. Kota ini terbagi menjadi dua bagian yang berbeda, yaitu kota tua dan kota baru. Dua daerah ini dibagi oleh sebuah terowongan tunggal yang melayani pejalan kaki dan sangat sedikit mobil di kota. Pantai Monterosso membentang di sepanjang sebagian besar garis pantai di wilayah tersebut. Biasa digunakan oleh turis dan warga lokal. Pantainya merupakan yang terluas di kawasan Cinque Terre. Monterosso merupakan kota kecil yang selalu dibanjiri turis di musim panas. Desa ini sempat dikeluarkan dari Cinque Terre pada tahun 1948 tapi kembali diperkenalkan sebagai bagian Cinque Terre. Hal ini disebabkan karena para pejabat Italia mengganggap desa itu terlalu besar untuk dianggap sebagai bagian dari jejak sejarah.

Vernazza
Merupakan permata dari Cinque Terre. Tidak ada lalu lintas mobil di kota ini. Vernazza merupakan tempat yang paling layak disebut desa nelayan. Catatan pertama tahun 1080 menyatakan bahwa kota ini adalah kota benteng yang merupakan basis dari Obertenghi, keluarga bangsawan Italia. Merupakan titik awal keberangkatan pasukan angkatan laut. Selama dua abad berikutnya Vernazza berperan penting dalam penaklukan Genova terhadap Liguria. Tempat ini menyediakan pelabuhan, armada dan tentara. Pada tahun 1209, kurang lebih 90 keluarga yang paling kuat di kota ini bersumpah setia untuk mendukung Republik Genova. Pada tahun 1400-an Vernazza fokus terhadap pertahanan dengan membuat benteng untuk menangkal serangan bajak laut. Produksi anggur menjadi menurun. Pada tahun 1800-an dibangunlah infrastruktur transportasi yang mengakhiri isolasi Vernazza, itu merupakan awal kebangkitan dari kota tersebut. Setelah UNESCO mengakui kawasan Cinque Terre sebagai Situs warisan dunia, pariwisata semakin meningkat dan untuk mempertahankan nilai sejarah maka tradisi memancing, industri anggur dan zaitun kembali dikembangkan. Pada tanggal 25 Oktober 2011 kawasan ini dilanda hujan deras dan mengakibatkan banyak tempat yang longsor. Kerugian ditaksir mencapai 100 juta euro. Setelah dievakuasi kota ini dinyatakan berstatus darurat.

Demikian sedikit informasi pariwisata Italia. Cinque Terre, sebuah tempat multi etnik, multi budaya yang menyatu dalam satu kawasan teritorial. Tidak jauh beda dengan Indonesia, yang mampu bersatu diatas beraneka ragam perbedaan.

Baca Juga :

FB Fans Page, Klik Suka yah !