> Mangiare = Makan


Pada prinsipnya bahasa adalah satu. Perbedaan pola pikir, letak geografis, budaya, adat istiadat dan berbagai macam faktor yang lain menjadikan bahasa berkembang menjadi beraneka macam.

Biasanya suatu bahasa dikelompokkan dalam satu rumpun dengan bahasa yang lain dikarenakan ada banyak kesamaan pola, struktur, kalimat dan unsur tata bahasa yang lain. Dalam klasifikasi rumpun bahasa, Italiano termasuk dalam bahasa Latin. Bahasa yang lain yang termasuk bahasa Latin adalah Spanyol, Prancis dan Portugis.

Untuk postingan di bulan ini kita akan membahas tentang kata-kata dalam bahasa Italia yang diambil ke dalam bahasa Indonesia. Penggunaan pola pikir yang sama membuat terjadi kesamaan juga dalam mengungkapkan suatu maksud tertentu.

Kata kerja ini pernah dibahas sebelumnya namun di sini kita akan mengupasnya lebih dalam.

Makan : mangiare (dibaca : manjare)

Konjugasi mangiare : (presente, passato, futuro)
Mangio → mangiavo → mangerò
Mangi → mangiavi → mangerai
Mangia → mangiava → mangerà
Mangiamo → mangiavamo → mangeremo
Mangiate → mangiavate → mangerete
Mangiano → mangiavano → mangeranno

Kata mangan (makan) dalam bahasa Jawa bisa jadi diambil dari bahasa Italia. Bagi yang belum pernah tahu ceritanya bisa diklik di sini.

Berdasarkan cerita tersebut, pada awalnya disebabkan karena kesalahpahaman. Kata perintah untuk makan yaitu mangiano yang seharusnya dibaca manjano tetapi malah dibaca menurut pengucapan dalam bahasa Indonesia menjadi mangiano. Kemudian perlahan-lahan seiring berjalannya waktu, huruf I menghilang sehingga berubah menjadi mangano, yang menunjukkan perintah untuk makan.

Mangiano → mangano : makanlah !
Mangan = makan

Mangiare
Aku :
Kamu : mangia
Dia → Anda : mangi
Kami/kita : mangiamo
Kalian : mangiate
Mereka → Anda semua: mangino

Untuk subyek aku tidak ada konjugasinya, karena kalimat perintah tidak ditujukan kepada orang pertama, pelaku.
Untuk subyek dia dan mereka digunakan dalam bentuk formal, sehingga artinya bukan dia tapi anda dan mereka menjadi anda semua.

Dia → Anda
Mereka → Anda semua

#Note
Bahasa pada dasarnya satu. Jadi  bukalah pikiran anda ! Belajar bahasa itu mudah karena pada dasarnya bahasa berasal dari satu sumber, satu pemahaman dan pada kasus tertentu mempunyai pola pikir yang sama.

Baca Juga :

FB Fans Page, Klik Suka yah !