> Asal usul kata Mangan (makan)



Usut punya usut ternyata orang Jawa mengatakan Mangan (makan) adalah berasal dari Bahasa Italia.

Ceritanya begini :
Dahulu kala ada saudagar kaya berkebangsaan Italia yang baru menetap di suatu desa di Tanah Jawa, namanya Mario. Mario bermaksud mendekati pribumi karena merasa nyaman dengan kondisi tanah Jawa waktu itu. Mario mengundang pemuka adat setempat untuk makan bersama.


Tiba di hari yang ditentukan datanglah 3 orang pemuka adat memenuhi undangan Mario. Ternyata 3 orang tersebut ada masalah pada pendengaran sehingga Mario agak kesulitan berkomunikasi, walaupun ketika itu sudah ada penerjemah.

Ketika waktu makan tiba Mario berkata : “Mangiano !” (dibaca manjano), tapi ternyata 3 orang pemuka adat itu kurang begitu paham. Kemudian Mario menuliskan kalimat yang dimaksud yaitu “MANGIANO”. Ke 3 orang tersebut yang memang notabene bisa baca tulis segera membacanya, namun mereka mengucapkan dengan logat pribumi. “Oh... mangiano” (mereka mengucapkan ‘mangiano’ bukan ‘manjano’). Sambil manggut-manggut mereka bergumam menyebut kata itu.

Setelah acara tersebut, ke 3 orang pemuka adat segera menjumpai kelompoknya dan menceritakan kejadian itu. Orang-orang pun segera mengucapkan kata ‘MANGIANO’ untuk menyebut acara makan-makan.

Dari kata MANGIANO tersebut perlahan-lahan huruf I yang ditengah menjadi hilang sehingga berubah menjadi MANGANO.
Maka sampai sekarang Orang Jawa menyebut makan dengan kata MANGAN. Ketika menyuruh makan mereka berkata MANGANO ! (makanlah!).

Baca Juga :

FB Fans Page, Klik Suka yah !