> La Storia d’Italia / Sejarah Italia


Ada sebuah ungkapan yang sering kali kita dengar. Sekilas nampak biasa saja tapi pada hakikatnya mengandung makna yang dalam. Tak kenal maka tak sayang, ungkapan itu begitu sederhana namun di balik itu semua terkandung makna yang sangat mendalam.

Kasih sayang dan cinta pada dasarnya adalah bersumber dari pengetahuan atau pengenalan. Seseorang tidak bisa dikatakan mencintai sesuatu, jika orang tersebut tidak tahu dan tidak mengenal sesuatu yang dicintainya itu.

Untuk menambah kecintaan kita terhadap Italia, maka kita juga harus memperdalam pengetahuan kita tentang Italia. Fokus pembelajaran kita pada dasarnya adalah Belajar Bahasa Italia, namun tidak ada salahnya juga ketika kita mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan Italia. Hal itu akan semakin mendukung kita untuk penguasaan bahasa Italia dan membuka wawasan kita untuk mengenal seluk beluk Italia. Dengan pengetahuan dan pengenalan yang mendalam itulah diharapkan akan tumbuh kecintaan kita terhadap Italia.

Kecintaan kepada Italia tidak dimaksudkan untuk mengesampingkan cinta kita kepada negeri kita sendiri. Jika kita memahami makna cinta maka dapat dimengerti bahwa cinta adalah merupakan wujud non materi yang tidak terikat ruang dan waktu. Kita harus faham dan mengembalikan makna cinta kepada yang punya cinta yaitu Tuhan semesta alam. Sadarilah bahwa dengan kuasa dan keagungan-Nya, telah diciptakan suatu tempat yang indah yang berada di belahan bumi yang lain. Suatu tempat yang bernama Italia. Kecintaan kita kepada setiap sesuatu harus dijadikan sebagai sarana untuk semakin mendekatkan diri kita kepada-Nya.

Hal pertama yang akan kita bahas adalah masalah Negara Italia. Italia merupakan suatu Negara yang berada di Benua Eropa bagian selatan. Negara ini merupakan negara kesatuan yang berbentuk republik dengan corak perlementer, sebutan resminya adalah Repubblica Italiana. Italia berbatasan langsung dengan Perancis, Swiss, Austria dan Slovenia di sepanjang Pegunungan Alpen di utara. Dari lokasi geografis, Italia berbentuk semenanjung. Negara ini juga punya wilayah yang berupa pulau besar, yaitu Sisilia dan Sardinia yang merupakan dua pulau terbesar di Laut Tengah. Di kawasan tersebut, terutama di bagian selatan juga banyak terdiri dari pulau-pulau kecil. Kawasan pesisir negara ini berhadapan dengan Laut Liguria, Laut Tirenia, Laut Ionia dan Laut Adriatik yang kesemuanya berhubungan langsung dengan Laut Tengah.

Negara merdeka San Marino dan Vatikan adalah enklave di Italia, sedangkan Campione d’Italia adalah eksklave Italia di Swiss. Enklave atau daerah kantong adalah negara / bagian negara yang dikelilingi oleh wilayah suatu negara lain. Eksklave adalah bagian atau daerah suatu satuan administratif, biasanya negara, yang terpisah (tidak termasuk pulau) dan dikelilingi oleh satuan administratif lainnya.

Luas wilayah Italia kurang lebih 301.338 km persegi dan dipengaruhi iklim sedang. Dengan populasi penduduk yang mencapai 60,8 juta jiwa, Italia merupakan negara berpenduduk terbanyak kelima di Eropa dan terbanyak ke-23 di dunia.
Italia beribukota di Roma, dan telah berabad-abad digunakan sebagai pusat politik dan keagamaan Barat, yaitu sebagai ibu kota Kekaisaran Romawi dan situs Tahta Suci. Setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi, Italia terus menerus diserang oleh bangsa-bangsa asing dari orang-orang Jermanik seperti Langobardi dan Ostrogoth, sampai Bizantium dan Norman. Berabad-abad kemudian, Italia menjadi tempat kelahiran republik-republik maritim dan Renaisans, yakni gerakan intelektual yang penting dalam membentuk pemikiran Bangsa Eropa. Pada abad ke-15, seiring meluasnya Renaisans, lagi-lagi Italia menjadi pusat budaya Dunia Barat, tetapi  setelah beberapa kali terjadi Perang Italia pada abad ke-16, Italia berada di bawah dominasi kuasa asing, yaitu Perancis, Spanyol dan Austria.

Pada sebagian besar sejarah pasca-Romawi, Italia terpecah-pecah menjadi beberapa kota dan negara regional (seperti Republik Venesia, Kerajaan Sardinia, Milan dan negara-negara kepausan). Setelah il Risorgimento, yakni serangkaian kerusuhan atau disebut pula perang kemerdekaan utuk mencapai unifikasi pada tahun 1861, diproklamasikan Kerajaan Italia yang hanya bertahan sampai tahun 1946, kemudian diikuti oleh 20 fasisme yang berakhir seiring kekalahan pada Perang Dunia II. Italia kemudian berubah menjadi republik setelah referendum konstitusi. Pada akhir abad ke-19, selama Perang Dunia I sampai Perang Dunia II, Italia memiliki sebuah kekaisaran kolonial.

Italia moderen adalah sebuah negara republik demokratis. Italia menduduki peringkat 24 negara termaju di dunia dan termasuk dalam 10 besar negara dengan Indeks Kualitas Hidup terbaik di dunia pada tahun 2005. Pada tahun 2010, sebagai ekonomi terbesar ke-8 di dunia. Italia adalah negara dengan Standar kehidupan yang sangat tinggi, Indeks Pembangunan Manusianya mencapai 0,854 dengan angka harapan hidup sebesar 81,4 tahun dan memiliki PDB per kapita yang tinggi.

Italia merupakan anggota pendiri Uni Eropa dan berada dalam Zona Euro. Italia juga merupakan anggota G7, G8, G20 dan NATO. Cadangan emasnya yang dimiliki masuk dalam urutan ketiga terbesar di dunia. PDB (nominal) terbesar ke-8, PDB (KKB) terbesar ke-10. Anggaran pemerintah ke-6 terbesar di dunia. Italia juga merupakan anggota pendiri Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi (OECD), Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Majelis Eropa dan Uni Eropa Barat. Selain itu Italia turut serta dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Perjanjian Schengen.

Italia memiliki anggaran pertahanan terbesar ke-9 di dunia dan berbagai persenjataan nuklir bersama-sama NATO. Italia memiliki banyak Situs Warisan Dunia menurut UNESCO.  Italia memainkan peran penting dalam militer, kebudayaan dan bidang diplomasi Eropa dan dunia. Pengaruh politik, sosial dan ekonomi negara ini di Eropa menjadikannya sebagai salah satu kekuatan utama di kawasan. Negara ini memiliki taraf pendidikan umum yang tinggi dan merupakan negara yang sangat global.
 
Sumber : http://www.wikipedia.org/
Dengan sedikit perubahan dan penyesuaian kalimat.

Baca Juga :

FB Fans Page, Klik Suka yah !