> Kenapa Banyak Orang Jawa yang Bernama Parto ?



Orang Jawa banyak yang bernama Parto, ternyata nama itu berasal dari Bahasa Italia.

Ceritanya begini :
Masih ingat kan cerita tentang saudagar Italia yang bernama Mario ? (Kalo belum baca, lihat di posting sebelumnya). Mario punya anak laki-laki yang bernama Roberto. Anaknya tampan, baik dan juga pintar. Dia sekolah di Sekolah Rakyat, jaman dulu kan di Jawa begitu.

Mario punya pegawai baru, pegawai itu namanya Joko. Dia bekerja sebagai satpam, soalnya rumah Mario kan besar. Tugas Joko yah hanya menjaga gerbang saja, buka tutup pintu kalo ada orang lewat.


Suatu hari Roberto hendak berangkat ke sekolah, berpapasan dengan Joko di pintu gerbang. Roberto berkata dalam bahasa Italia “Parto alla scuola” (artinya: aku berangkat ke sekolah). Dia berkata sambil menepuk dadanya. Joko menjawab “Silahkan den”.

Joko memang kurang paham bahasa Italia tapi mendengar kata scuola (skuola : sekolah) dia tahu kalo anak majikannya itu mau ke sekolah, dari pakaiannya kan juga kelihatan. Pada dasarnya Joko tidak tahu nama anak majikannya itu, dia hanya tahu kalo anak majikannya itu baik dan pintar. Dan setiap pagi ketika anak majikannya mau ke sekolah selalu bilang “Parto alla scuola.” Ketika Joko mencermati kalimat tersebut, dia termangu dan dalam hati bilang ; “Oh jadi anak majikanku itu namanya Parto”. Parto alla scuola dipahami Joko “Parto arep sekolah” (Parto mau sekolah).

Teman kerja Joko memberi tahu kalo nama anak majikannya itu Roberto, tapi karena Joko agak kurang pendengarannya, maka tetap saja nama Parto yang masuk ke kupingnya.

Kebetulan sekali istrinya di kampung melahirkan, diapun memberi nama anaknya Parto, dengan harapan jadi anak baik dan pintar seperti anak majikannya. Ketika pulang kampung Joko membanggakan anaknya supaya seperti anak majikannya. Dari peristiwa itu akhirnya banyak orang di kampung Joko yang memberi nama anak mereka Parto. Supaya jadi anak baik dan pintar.

Itulah kenapa banyak Orang Jawa yang bernama Parto.

#Un gioco per te

Baca Juga :

FB Fans Page, Klik Suka yah !